artis forbia hewan

Artis-artis yang Fobia Binatan
Oleh: Samuel Mink

Tak semua orang suka binatang. Tak terkecuali dengan para seleb. Bahkan ada jenis binatang tertentu yang kerap membuat mereka fobia atau menimbulkan reaksi takut berlebihan, bahkan tidak rasional.

Coba saja sodori Rizna Nyctagina seekor kucing. “Aku bisa kaget loncat histeris,” akunya.

Nah, dokter yang jadi seleb dengan tokoh Jeng Kelin itu memang takut melihat binatang, terutama sejenis kucing. Hal ini dialami sejak usianya masih kecil. Maklum, ada trauma di masa kecil lantaran pernah dicakar kucing. Walaupun belum tentu binatang berbulu itu ingin menyerangnya, siapa tahu sekadar mengajak bercanda, Jeng Kelin sudah memutuskan untuk tidak bersahabat dengan kucing.

Fobia terhadap binatang seperti Gina ini juga dialami Mikha Tambayong. Model kelahiran Jakarta, 15 Septeber 1994 itu akan menyingkir kalau melihat ayam.

Bahkan pernah, suatu ketika sedang syuting untuk sebuah video klip, tiba-tiba ada seekor ayam menghampiri. Dia langsung mencelat kabur. Mungkin ini juga yang membuatnya “bersemangat” jika menyantap makanan daging binatang berkaki dua itu.

“Ih, pokoknya aku paling takut sama ayam. Kenapa kali, itu pengalaman sejak kecil sih,” tuturnya.

Selebritas lain yang memiliki ketakutan lebih terhadap binatang adalah Syahrini. Mantan kekasih Anang Hermansyah itu sudah pasti menggigil kalau sudah mendengar nama ular.

“Aku paling geli dan takut kalau melihat ular, hihihi…,” tuturnya.

Namun, boleh jadi yang dialami oleh Syahrini ini bukan termasuk fobia, jika melihat definisi yang disampaikan Rocco Crino, ahli fobia dari School of Psychology di University of Western Sydney, Australia. “Seperti takut pada laba-laba atau hiu, jelas itu bukan fobia,” ujarnya. Begitu juga dengan ular yang memang mematikan.

Menurut dia, fobia itu, ketika emosi kita merespons secara berlebihan dengan cara yang luar biasa atas sesuatu yang tak pantas. Misalnya seperti dialami Jeng Kelin dan Mikha terhadap kucing dan ayam, karena kedua binatang ini tidak mematikan.

Namun fobia bukan hanya milik artis Indonesia. Penyanyi tenar Britney Spears, ternyata juga punya fobia. Bintang pop ini paling tidak bisa melihat reptil berukuran besar atau bahkan sekadar kadal. Jika bertemu, bisa-bisa membuatnya ngacir.

Begitu pun dengan Kristen Stewart. Orang boleh saja setuju bahwa kuda poni itu lucu. Tapi bagi pemeran pada Twilight itu, kuda termasuk binatang yang harus dijauhi.

Rupanya, ketika masih kecil Stewart pernah jatuh dari kuda. Inilah yang membuat mantan kekasih Robert Pattinson itu menolak kehadiran kuda yang membuatnya bisa beraksi berlebihan.

Untuk mengatasi fobia seperti dialami para selebritas itu, Crino lebih memilih cara pelan-pelan. Yakni fokus pada apa yang membuat si penderita memberikan respons spontan yang berlebihan, memperkenalkan kembali, sampai akhirnya lambat-laun rasa takut itu hilang.

Tentang adibmasruhan

ingin selalu membuat orang lain seneng terutama kedua orang tua...
Pos ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s