cara menyimpan makanan di kulkas

Fakta bahwa menyimpan makanan di lemari es tidak mematikan bakteri rupanya masih belum banyak dipahami oleh sebagian besar masyarakat kita saat ini.
Suhu-Dingin-Lemari-Es-Tidak-Membunuh-Bakteri

Suhu dingin lemari es tidak membunuh bakteri melainkan hanya memperlambat pertumbuhannya saja. Mengingat ada beberapa jenis bakteri ber-spora dan dapat bertahan hidup di bawah suhu minus nol derajat celcius.

Itulah sebabnya masih ada beberapa makanan yang tetap busuk saat di simpan dalam lemari es, sebagai akibat dari kontaminasi bakteri baik dari makanan lain atau dari makanan itu sendiri. Masalah ini tentu akan mempengaruhi kesehatan Anda. Apalagi, kontaminasi bakteri tersebut tidak serta merta hilang begitu saja saat masakan tersebut dimasak.

Nah, agar permasalahan di atas bisa dicegah, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara menyimpan masakan di dalam kulkas agar pertumbuhan bakteri tidak meracuni makanan Anda.
Atur Suhunya

Mengatur suhu pada lemari pendingin setidaknya harus 1 derajat C lebih rendah dari yang di tentukan. Contohnya, jika Anda dianjurkan untuk menyimpan daging ikan pada suhu 6 derajat C, maka Anda harus mengeset suhu lemari es menjadi 5 derajat C. Ini diperlukan agar bakteri tidak berkembang dengan cepat.
Jangan Mencampur Jenis Makanan Berbeda

Sebaiknya jangan mencampur jenis makanan mentah dan matang dalam satu kotak. Pisahkan masakan tersebut dengan cara meletakkan makanan matang dan siap saji di kotak bagian atas, daging segar seperti daging sapi dan ikan di bawahnya, dan kotak paling bawah untuk daging unggas.
Jangan Simpan Makanan terlalu Banyak

Menyimpan makanan terlalu banyak dapat membuat sirkulasi udara dan mesin lemari es bekerja ekstra untuk menjaga suhunya tetap dingin. Pastikan hanya menyimpan bahan makanan yang akan diolah untuk beberapa hari ke depan, agar lemari es Anda memiliki sirkulasi udara yang cukup dan terjaga kebersihannya.
Jangan Simpan Makanan Panas

Jika Anda selesai membuat masakan dan masakan tersebut masih panas, sebaiknya jangan disimpan di dalam kulkas terlebih dulu karena bisa merusak mesin pendingin Anda. Biarkan masakan Anda dingin di suhu ruangan, dan pastikan uapnya benar-benar hilang sebelum Anda menyimpannya dalam lemari es.
Bersihkan Secara Berkala

Bersihkan lemari es secara berkala, baik dari genangan air, bekas makanan, atau sisa potongan daging yang tercecer. Lemari es yang kotor dapat mengurangi kemampuan mesin pendingin bekerja optimal. Kondisi ini juga bisa menjadi sarang bakteri untuk berkembang biak dan membuat makanan tersimpan menjadi tidak higienis. (dan)

Tentang adibmasruhan

ingin selalu membuat orang lain seneng terutama kedua orang tua...
Pos ini dipublikasikan di seputar kesehatan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s